Blog

10 Langkah Hukum bagi Startup

 

Bagi Anda pengusaha startup, salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha adalah aspek hukumnya. Ada beberapa langkah hukum yang sangat penting yang harus Anda penuhi sebelum Anda memulai.

Berikut ini sepuluh kiat hukum dari Harmony Attise, CEO Commec Ghana Ltd yang perlu Anda ketahui sebelum memulai startup Anda. Ini tentunya penting untuk melindungi dasar hukum Anda.

1. Pilih Struktur Bisnis Anda
Ini adalah salah satu keputusan paling penting yang akan Anda buat dan itu dapat memiliki beberapa konsekuensi hukum besar di masa depan. Jika Anda serius dengan Startup Anda, sebaiknya Anda mendaftarkan bisnis ini sebagai Perusahaan Terbatas atau yang lainnya. Sebagian besar bisnis memulai sebagai kepemilikan tunggal tetapi dalam kasus startup, ini bukan ide yang baik.

Mendaftarkan startup Anda sebagai Perusahaan Terbatas atau Korporasi memberi Anda perlindungan atas aset pribadi Anda dan memberi Anda perlindungan hukum yang lebih besar jika ada perselisihan dengan konsumen.

2. Selalu Ada Kontrak Tertulis
Kontrak adalah persyaratan yang sangat penting untuk setiap transaksi yang melibatkan bisnis Anda.

Kontrak harus ditulis untuk karyawan Anda, kontraktor luar, investor, dan segala. Jangan membuat kesalahan dengan berpikir Anda tidak perlu kontrak. Karena banyak masalah yang dapat terjadi seperti pelanggan atau klien yang tidak akan membayar produk atau layanan Anda.

Jika Anda memiliki kontrak yang ditulis, Anda dapat mengambil tindakan hukum terhadap mereka. Tanpa kontrak, tidak banyak yang bisa Anda lakukan.

3. Dapatkan Asuransi
Bisnis Anda membutuhkan asuransi. Anda ingin memastikan bahwa Anda terlindungi dari semua keadaan. Cara paling efektif untuk melakukan ini adalah dengan asuransi. Ini juga akan memberi Anda lebih banyak ketenangan saat Anda mulai membangun bisnis Anda.

Yang Perlu Anda lakukan adalah bertanya kepada yang sudah melakukannya atau melakukan penelitian untuk menemukan penyedia asuransi terbaik untuk Anda.

4. Memahami Kewajiban Pajak
Kecuali Anda sudah menjadi ahli pajak, Anda mungkin harus menyewa pengacara pajak untuk hal ini. Pajak jelas bukan area yang Anda ingin ambil risiko, jadi pastikan Anda tahu sebelumnya apa dan berapa banyak pajak yang wajib Anda bayarkan.

5. Dapatkan Dokumen Hukum yang Diperlukan
Anda perlu mendapatkan dokumen hukum Anda. Salah satunya, kontrak. Namun, ada banyak lagi seperti perjanjian kerahasiaan, perjanjian kemitraan, perjanjian pembayaran, dan masih banyak lagi. Dokumen hukum ini melindungi Anda dan orang-orang yang terlibat dengan bisnis Anda.

6. Lindungi Kekayaan Intelektual Anda
Jangan pernah berpikir Anda tidak membutuhkan perlindungan kekayaan intelektual. Tanpa perlindungan, Anda berisiko kehilangan ide dan produk Anda. Jika Anda tidak memiliki perlindungan hak kekayaan intelektual atas ide dan produk Anda, maka Anda tidak akan memiliki pegangan hukum untuk jika ada yang mengakui milik Anda.
Cari tahu sebelumnya apakah Anda memerlukan paten, merek dagang, dan / atau hak cipta.

7. Pertimbangkan Nasihat Hukum Anda
Anda harus berkonsultasi dengan pengacara untuk mencakup semua dasar hukum Anda sebelum memulai Startup Anda. Carilah pengacara yang menurut Anda kompeten.
Saran hukum yang Anda dapatkan adalah salah satu aspek terpenting dari keseluruhan proses ini. Nasihat hukum yang buruk berpotensi melumpuhkan bisnis Anda, nasihat hukum yang baik dapat menyelamatkannya.

8. Tetapkan Perjanjian Jual Beli
Ini sangat penting jika Anda memiliki rekan atau seorang co-founder, mungkin akan ada saatnya ketika Anda terlibat dalam kemitraan bersama. Dalam hal ini, Anda masih memerlukan perjanjian jual-beli.

Pada dasarnya, apa yang dilakukan adalah memperjelas perjanjian hukum yang menentukan apa yang terjadi jika salah satu mitra atau pemilik memutuskan untuk keluar dari Startup.

9. Gunakan Pelepasan Tanggung Jawab Hukum
Anda perlu penafian hukum atas produk dan layanan Anda. Ini melindungi Anda dan memastikan bahwa konsumen memahami bahwa produk atau layanan Anda tidak sepenuhnya bertanggung jawab atas hasil mereka. Pada dasarnya, itu merinci tanggung jawab kedua belah pihak setelah uang dipertukarkan.

10. Pastikan Anda Beroperasi Secara Legal
Lakukan dasar hukum Anda terlebih dahulu dan pastikan bisnis Anda dapat beroperasi secara legal.

 

Sumber :

https://www.reqnews.com/tips/57/10-langkah-hukum-bagi-startup